Thursday, 21 November 2019

Keterkaitan Disiplin Ilmu Dengan Interaksi Manusia Dan Komputer Beserta Contoh

Tags


1. Software Engineering  (Rekayasa Perangkat Lunak)
    Bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien, user friendly sehingga bisa menghasilkan suatu mesin atau sistem yang sesuai keinginan user.

2.  Artificial Intelligence  (Kecerdasan Buatan)
     Untuk jangka panjang akan tercipta sistem yang handal, canggih yang bisa menyerupai pola pikir manusia.
    Contoh : membuat robot yang struktur tubuh dan pola pikir menyerupai  manusia.

3. Computational Linguistic  (Linguistik Komputasional)
    Peran bahasa dapat dimengerti oleh user, sehingga lebih mudah dalam  menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalahan.

4. Psychology  (Psikologi)
    Setiap user mempunyai sifat dan kelakuan yang berbeda dalam menggunakan sistem.
Tentukan dulu user targetnya siapa, suasana lingkungan target tersebut, perilaku mereka, dsb program menjadi user friendly.
    Psikologi jg mencakup pengetahuan dan keahlian user dalam mempersepsi dan memecahkan masalah.

5. Multimedia
    Sarana dialog yg efektif antara manusia dengan komputer bagaimana suatu tampilan interaksi menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti oleh user.

6. Anthropology
    Dalam konteks IMK, antropologi berperan dalam sistem interaksi manusia dengan komputer karena interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan.
Faktor antropologi memberi gambaran ttg cara kerja kelompok sehingga masing-masing anggotanya dpt berkontribusi sesuai bidangnya.

7. Ergonomics
    Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.

8. Sociology
    Berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial konteks dari suatu interaksi.

9. Mathematics
    Dalam pembuatan suatu produk/software jg harus efisien dalam perhitungan matematika.


EmoticonEmoticon