Sunday 10 September 2017

LAPORAN PELAKSANAAN PRAKERIN SMKN 1 TANJUNGPINANG bab iv

BAB IV
Hasil Dan Pembahasan


4.1  Materi Kegiatan Prakerin
CV. SAIRA ADVERTISING mengerjakan Baliho, Nota, Yasin, Stiker Cutting, X-Benner, Y-Benner, PIN, Neon Box, Sablon Baju, Map, ID Card, Kartu Nama, Undangan, Poster, Calender, dll. Dalam kegiatan ini saya akan mendesain spanduk / banner menggunakan Corel Draw X7.


·  Buka New blank document pada CorelDRAW.



·  Buat kotak dengan ukuran H = 300 mm; V = 90 mm


·  Format kertas Landscape ukuran folio (33,02 x 21,59 cm atau 13 x 8,5 inc).



·  Atur warna kotak sesuai dengan yang Anda inginkan Fill Tools.


·  Buat teks “ Sedia … dst”. Atur warna dan jenis font sesuai selera.


·  Buat teks melingkar “MASAKAN KHAS TIMUR TENGAH”.  Ketik teksBuat lingkaran (ellips), lalu aktifkan kedua obyek. Klik Text pada menu à pilih Fit to The Path. Atur letak teks.


·  Impor image gambar melalui Import.  Pilih gambar. Atur besar gambar.



·  Buat teks “Pas di lidah cocok di segala suasana”Ketik teksBuat lingkaran (ellips)lalu aktifkan kedua obyek. Klik Text pada menu à pilih Fit to The Path. Atur letak teks. (Sama seperti no. 6)



·  Buat teks lainnya. Tambahkan berbagai macam warna dan efek sehingga tulisan terlihat bagus.

·  Buat hiasan penunjuk arah melalui Arrow Shapes pada toolbox. Beri fill warna hitam.


·  Buat teks ” Menerima pesanan”.

·  Beri fill putih pada tulisan "Menerima pesanan". Gabung teks ini dengan hiasan panah. Posisikan teks ini di depan anak panah dengan meng-klik Arrange àOrder à In Front Of.

·  Buat hiasan bintang melalui Star Shapes di Polygon Shapes pada toolbox.



·  Jika sudah selesai membuat desain spanduk tersebut, jangan lupa satukan keseluruhan gambar serta tulisan yang telah Anda buat. Caranya blok semua gambar secara keseluruhan lalu ke menu Arrange dan pilih Group, sehingga apabila objek di pindahkan semua akan tetap utuh seperti sebelumnya. 






·  Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah. Tambahkan hiasan sendiri agar semakin memperindah desain Anda.
4.2 Penyelesaian Permasalahan

Banyak sekali hambatan yang kami temui selama prakerin. Belajar dari pengalaman yang kami alami sebelumnya, dengan usaha dan kerja keras kami serta tidak lupa doa kepada Allah SWT. Semua bisa terlewatkan dengan baik. Kesabaran, disliplin, telaten dan selalu berdoa adalah solusi yang tepat. menjadikan semua itu sebagai pelajaran dan pengalaman ketika nantinya masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Tentunya itu tak luput dari saran dan pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru disekolah, orang tua dirumah, dan juga karyawan yang ada di Industri. Dengan itu kami mendapatkan solusi dalam menyelesaikan sebuah masalah dengan penuh pertimbangan.





EmoticonEmoticon