Sunday 10 September 2017

LAPORAN PELAKSANAAN PRAKERIN SMKN 1 TANJUNGPINANG BAB I




BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
            Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian professional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang professional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri.Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja. 
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan keputusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
a)      Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
b)      Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
c)      Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”

            CV. Saira Advertising adalah CV. Yang bergerak dibidang periklanan. Penulis melihat Saira Advertising cocok dijadikan tempat PRAKERIN, disini banyak pekerjaan yang dilakukan dengan desain.

1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
1.2.1.      Tujuan Umum
Tujuan umum dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
a.       Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan pekerjaan.
b.      Memperkokoh link and macth (kesesuaian dan kesepadanan) antara SMK dan dunia kerja.
1. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja
2. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)     Negeri 1 Tanjungpinang

1.2.2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
a.                  Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
b.                  Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain:
a.       Struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
b.      Mengimplotasikan antara pendidikan di sekolah dan di luar sekolah.
c.       Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Uji Kompetensi.
d.      Mengembangkan pola pikir yang lebih maju.




1.3.      Manfaat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
a.                  Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung pinang dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
b.                  Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
c.                   Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjungpinang.






EmoticonEmoticon